Selasa, 24 November 2015
sejarah animasi di Rusia
Perkembangan
animasi di Rusia dimulai dengan pionir animator pertama mereka,
Ladislas Starevitch (1882-1965), yang merupakan anak dari pasangan
Polandia. Ladislaf Starevitch juga dianggap sebagai bapak animasi boneka
(puppet animation) dan kerap disandingkan dengan Winsor McCay yang
dianggap sebagai bapak animasi gambar (drawn animation). Revolusi
Oktober di Rusia membuat Starevitch beremigrasi ke luar negeri dan
membuat perkembangan animasi Rusia seakan terhenti untuk beberapa tahun.
Baru pada akhir dekade 1920-an, penguasa Rusia berhasil diyakinkan
untuk memodali studio-studio animasi untuk membuat film-film (animated
clips) untuk kebutuhan propaganda. Kondisi ini berakhir pada tahun 1956
dengan berakhirnya kepemimpinan Stalin. Pemimpin Rusia berikutnya,
Khrushev membawa perubahan dan pembaharuan dalam politik dan budaya Uni
Soviet. Perubahan ini juga menjadi titik tolak bagi perkembangan animasi
Rusia. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk keluar dari
patron ‘éclair’, bisa dikatakan sejak 1960 ke belakang, animasi Rusia
meningkat secara kualitas. Ditandai dengan karya Fjodor Khitruks dalam
History of a Crime/Story of One Crime (1961), yang untuk pertama kalinya
sejak era Social Realism, berangkat dari tema kontemporer. Bercerita
tentang isu-isu dalam realitas dunia modern dengan pendekatan grafis
yang inovatif, film ini mengisahkan seorang laki-laki yang tidak bisa
tidur akibat terganggu keributan (suara) yang dihasilkan lingkungan
tetangga, film ini jadi sebuah kritik terhadap masyarakat Uni Soviet.
Era pembaharuan yang dibawa Khushev juga menandai kelahiran kembali
animasi boneka (puppet animation) yang merupakan pionir dalam animasi
Rusia. Animasi boneka yang seakan-akan terhenti perkembangannya semasa
kekuasaan Stalin, kembali dihidupkan dengan dibuka kembali divisi
animasi boneka pada Soyuzmultfilm pada tahun 1953. Dikepalai oleh Boris
Stepantsev (The Nutcracker, Petia and Little Red Riding Hood), divisi
ini berusaha untuk menemukan kembali pengetahuan mengenai animasi boneka
yang seakan-akan hilang setelah masa Alexander Ptushko. Karakter yang
kemudian terkenal melalui animasi boneka adalah Cheburaskha, karakter
dari cerita fairy tale yang ditulis oleh Eduard Uspersky dan dibuat ke
dalam versi animasi oleh Soyuzmultfilm. Meskipun dalam banyak terdapat
keterbatasan, generasi animator Rusia tetap mampu menghasilkan
karya-karya bermutu, dengan kerjasama internasional. Seperti karya
Alexander Petrov, The Mermaid (1996) – mendapatkan nominasi Oscar- dan
The Old Man and The Sea (1999) yang mendapatkan Oscar untuk kategori
Best Animated Short pada tahun 2000. Atau karya-karya dari Konstatin
Bronzit yang gemar menempatkan karakter-karakter- nya dalam situasi
paling tidak nyaman dan tidak mungkin, dan penonton akan tertawa melihat
bagaimana mereka mengatasi hal-hal tersebut. Switchcraft (1995) dan At
the Ends of Earth (1999) adalah hasil karya Bronzit,dan hingga kini
animasi rusia seperti halnya animasi amerika dan negara-negara lain
turut berkembang dengan pesat.
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar